Wednesday, November 21, 2018

Bisnis dan Organisasi


Benar atau tidak bisnis seseorang tidak akan mengalami kemajuan apabila produsen selalu berbuat kejujuran?

Menurut saya tidak benar, karena salah satu kunci keberhasilan seorang wirausaha di dalam usahanya adalah sifat kejujuran dan kepercayaan dari masyarakat konsumen terhadap dirinya. Jujur  dalam berwirausaha artinya mau dan mampu mengatakan sesuatu bagaimana adanya. Bila berdagang , barang yang baik harus dikatakan baik dan barang yang rusak harus dikatakan rusak,oleh karena itu produsen  akan mendapatkan kepercayaan oleh konsumen ataupun pelanggan. Jika seorang wirausaha  di dalam usahanya tidak jujur , akibatnya banyak masyarakat konsumen yang tidak mempercayainya, baik kepada bidang usahanya maupun kepada kariernya, karena kepercayaan konsumen sangat penting terhadap kesuksesan suatu perusahaan,karena jika tidak perusaahan tidak akan berhasil dalam mencapai tujuan dan cita cita perusahaan.


Organisasi dan Bentuk Organisasi
organisasi adalah sebuah wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.


Bentuk Bentuk Organisasi



 Pentingnya Organisasi dalam Dunia Bisnis
Organisasi penting karena dapat membantu kita untuk membentuk suatu tim kerja atau aktifitas tertentu. Pengertian organisasi sendiri adalah wadah untuk sekelompuk individu untuk berinteraksi dalam wewenang tertentu. Organisasi yang dibentuk terdiri dari berbagai kelompok yang memiliki kepentingan bersama untuk mencapai tujuan tertentu.  Dengan bekerja sama dengan yang lain maka pekerjaan akan terasa lebih ringan. Selain itu pekerjaan atau tugas akan lebih cepat terselesaikan dibandingkan kita hanya bekerja seorang diri.  Dengan dibentuknya organisasi dalam dunia bisnis, dapat meringankan pekerjaan seorang pemimpin dalam mengatur pembagian tugas seorang karyawan yang sesuai dengan kemampuannya masing masing sehingga pekerjaan dapat diselesaikan lebih efisien dan efektif. Dan apabila tidak adanya organisasi dalam dunia bisnis akan meyulitkan seorang pemimpin dalam melakukan tugas tugasnya,tidak ada yang membantu dalam mengerjakan tugas tugasnya sehingga pekerjaan tidak teroganisir dengan baik.

Perbedaan Antara Tanggungjawab dan Pertanggungjawaban
1.      Tanggungjawab merupakan sebuah kewajiban sedangkan pertanggungjawaban merupakan suatu prinsip
2.      Tanggungjawab untuk mengerjakan tugas tugas yang diberikan secara memuaskan sedangkan pertanggungjawaban menerima suatu tugas atau wewenang untuk menyelesaikannya
3.      Tanggungjawab menunjuk kepada seseorang sedangkan pertanggungjawaban berasal dari seseorang.

Perkembangan Bisnis Kecil dibandingkan Bisnis Besar di Negara Kita pada Masa yang Akan Datang


Di perusahaan berskala kecil, pegawai biasanya bekerja dekat dengan konsumen dan langsung mengetahui kebutuhan mereka. Sehingga bisnis dalam usaha kecil tidak jauh tertinggal dari bisnis berskala besar, karena bisa mengikuti perkembangan pasar.
Dan kemungkinan pada masa yang akan datang tentu bisa kita lihat bahwa manusia akan lebih memilih untuk melakukan usaha sendiri, karena dimasa depan akan semakin canggihnya teknologi, juga manusia lebih berpikir dan kreatif untuk menyalurkan bakatnya dan kemampuannya dalam melakukan bisnis. Dan sekarangpun banyak orang yang mulai berbisnis, contohnya berbisnis perdagangan lewat online. Saat ini masyarakat lebih memilih melakukan pembelian melalui online dibandingkan harus datang ke toko langsung,sehingga bisnis kecil tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan banyak, dibandingkan bekerja di perusahaan besar. Bisnis kecilpun juga bisa berkembang menjadi bisnis yang besar apabila kita berusaha, ulet dan semangat dalam menekuninya.

Sumber:




No comments:

Post a Comment

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

RANGKUMAN MATERI BAB 1 Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen: proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-us...